1. Word Processor merupakan program pengolah kata yang dapat membantu ketika membuat dokumen. Program pengolah kata yang banyak digunakan adalah Microsoft Word.
2. Cara memulai Microsoft Word 2010 ada 3 cara, yaitu :
- menggunakan tombol Start,
- melalu Microsoft Word shortcut, dan
- melalui Windows Explorer.
3. Tab pada aplikasi Microsoft Word 2010, terdiri atas :
- tab File (Save, Save As, Open, Close, Info, Recent, New, Print, Save & Send, Help, dan Exit),
- tab Home (Format Painter, Clear Formatting, Font, Paragraph, Bullets, Numbering, dan Border and Shading),
- tab Insert (Chat, SmartArt, ScreenShot, Cover Page, Page Number, ClipArt, Equation, Hyperlink, dan Table),
- tab Page Layout (Size, Columns, Margin, Line Numbers, dan Page Borders),
- tab References (Insert Footnote dan Table of Contents),
- tab Mailings (Envelopes, Start Mail Merge, dan Labels),
- tab Review (Word Count dan Spelling and Grammar), dan
- tab View (Print Layout, Full Screen Reading, Web Layout, Outline, Ruler, dan Zoom).
4. Yang termasuk ikon standard, diantaranya : open search, email, print, save, print preview, spelling, cut, copy, paste, format painter, undo typing, redo typing, tables and borders, insert table, columns, show/hide, dan zoom.
5. Yang termasuk ikon format, diantaranya : font, bold, italic, underline, align left, align center, align right, justify, line spacing, numbering, bullets, decrease indent, increase indent, dan font color.
6. Cara mengakhiri Microsoft Word 2010, diantaranya :
- menggunakan tab File kemudian pilih Exit,
- melalui tombol close pada Sizzing Button, dan
- dengan cara menekan bersamaan tombol Alt dan F4 pada keyboard.
7. Program pengolah kata berguna untuk membuat dokumen. Adapun dokumen yang telah dibuat dapat disunting, misalnya menghapus teks, menyalin teks, memindahkan teks, mengubah tampilan huruf, mencari dan mengganti kata.
8. Agar suatu dokumen tampak menjadi lebih menarik, kita dapat mengubah format teks dan halamannya, misalnya mengubah ukuran dan jenis huruf, mengubah ukuran kertas, mengubah margin dan orientasi halaman, dan membuat nomor halaman.
9. Untuk memperindah tampilan dokumen, dapat disisipi berbagai objek, misalnya gambar, teks, text box, dan simbol.
10. Pada dokumen yang telah dibuat dapat ditambahkan tabel. Adapun yang harus dipelajari adalah cara-cara membuat tabel, menggambar tabel, mengisi dan menyunting tabel.
11. Untuk menjaga keamanan dokumen yang telah dibuat, gunakan password pada dokumen tersebut.
Microsoft Excel merupakan program pengolah angka yang dapat dialikasikn kedalam berbagai hal. Misalnya, statistik, pekerjaan akunting, perhitungan matematis, dan pembuatan dokumentasi tabular.
12. Tool perintah pada Microsoft Excel ada 3 kategori, yaitu :
- tools perintah standar,
- tools perintah formatting, dan
- tools perintah drawing.
13. Menu-menu dan pengolahan pada file pada Microsoft Excel,terdiri atas :
- alamat sel,
- tombol berpindah sel,
- tipe data,
- cara memperbaiki data,
- cara menghapus,
- mengcopy,
- mengganti nama, dan
- memindahkan file Excel.
14. Cara memperbaiki data pada Microsoft Excel adalah sebagai berikut :
- tunjukan pointer ke sel yang akan diperbaiki datanya,
- tekan tombol F2 pada keyboard, dan
- perbaiki data yang ada pada sel tersebut
15. Cara menjalankan Microsoft Excel ada 3, yaitu :
- menggunakan tombol Start,
- menggunakan Microsoft Office Excel Shortcut Bar, atau
- melalui Windows Explorer.
16. Cara mengakhiri Microsoft Excel ada 3, yaitu :
- menekan tab Exit pada menu pull down File dalam toolbar standard,
- menekan tombol close pada tittle bar, atau
- menekan tombol Alt dan F4 secara bersamaan pada keyboard.
17. Cara membuat foler dengan menggunakan Microsoft Windows adalah melalui Desktop atau melalui Windows Explorer.
18. Workbook adalah tempat seseorang membuat dokumen atau tempat mengisikan data ke dalam area kerja, sedangkanworksheet adalah lembar kerja.
19. Sel atau cell pointer adalah perpotongan antara baris dan kolom. Adapun range adalah kumpulan dari beberapa sel yang dibatasi blok tertentu atau alamat sel.
20. Ada 4 jenis data yang dapat dimasukkan ke dalam sel pada program pengolah angka Microsoft Excel, yaitu :
- data teks atau label,
- data angka atau value,
- data waktu atau time, dan
- data tanggal atau date.
21. Cara menyalin isi sel :
- pilihlah tab Home,
- klik Copy,
- tentukan alamat sel target,
- pilihlah tab Home, dan
- klik Paste.
22. Cara menyimpan Workbook :
- pilih tab File,
- klik sub menu Save,
- pilih tempat penyimpanan, lalu
- klik Save.
23. Sesuai dengan fungsinya sebagai pengolah angka, Microsoft Excel dapat melakukan perhitungan otomatis secara mudah dan cepat, diantaranya :
Operator
|
Nama
|
Contoh
|
Keterangan
|
^
|
Pangkat (Exponentation)
|
=D1^3
|
Isi sel D1 dipangkatkan dengan 3
|
+
|
Penambahan (Addition)
|
=D3+A2
|
Isi sel D3 ditambah dengan isi sel A2
|
-
|
Pengurangan (Subtraction)
|
=E3-A3
|
Isi sel E3 dikurangi dengan isi sel A3
|
*
|
Perkalian (Multiplication)
|
=A3*2
|
Isi sel A3 dikalikan dengan 2
|
/
|
Pembagian (Division)
|
=D3/5
|
Isi sel D3 dibagi dengan 5
|
24. Untuk memudahkam perhitungan matematika yang sering digunakan, Microsoft Excel mencantumkan fungsi formula yang sering digunakan pada ikon Sum, diantaranya :
Rumus
|
Nama
|
=MIN
|
Untuk menemukan angka terendah dari kumpula angka
|
=MAX
|
Untuk menemukan angka tertinggi dari kumpulan angka
|
=AVERAGE
|
Untuk menemukan angka rata-rata dari kumpulan angka
|
=SUM
|
Untuk menjumlahkan kumpulan angka
|
=COUNT
|
Untuk menjumlahkan banyaknya data
|
25. Cara mencetak lembar kerja :
- klik menu bar File,
- klik Print,
- pilih printer yang telah diinstal dan tersambung dengan komputer pada kotak isian printer,
- klik kotak A4 untuk mengganti atau menentukan ukuran kertas yang akan digunakan untuk mencetak dokumen,
- lalu klik OK setelah semua isian pada kotak dialog Printtelah dipilih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar